Kegiatan Peninjauan dan Pengawasan Pada Perlintasan Sebidang yang terdapat pada wilayah Kota Probolinggo

Kegiatan Peninjauan serta pengawasan pada perlintasan sebidang yang terdapat pada wilayah Kota Probolinggo. Beberapa jajaran yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu Satuan Lalu Lintas Probolinggo Kota , Dinas Perhubungan Kota Probolinggo, Jasa Raharja, dan Kecamatan maupun Kelurahan setempat

Halo Sobat Dishub !!!

Pada kegiatan Peninjauan serta pengawasan pada perlintasan sebidang yang terdapat pada wilayah Kota Probolinggo. Beberapa jajaran yang terlibat dalam kegiatan tersebut yaitu Satuan Lalu Lintas Probolinggo Kota , Dinas Perhubungan Kota Probolinggo, Jasa Raharja, dan Kecamatan maupun Kelurahan setempat. Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 94 Tahun 2018 Tentang Peningkatan Keselamatan Perlintasan Sebidang Antara Jalur Kereta Api Dengan Jalan, dalam upaya meningkatkan keselamatan pada perlintasan sebidang dapat melakukan pembangunan pos jaga sederhana di perlintasan serta dilengkapi dengan pemasangan Peralatan Keselamatan Perlintasan Sebidang.

Tujuan dari kegiatan tersebut yaitu sebagai upaya peninjauan pada lokasi perlintasan sebidang yang pernah terjadi kecelakaan baik dengan kendaraan bermotor maupun dengan masyarakat sekitar. Dengan melakukan peninjauan tersebut maka dapat dijadikan bahan untuk mengevaluasi serta dasar dalam pemasangan keperluan peralatan keselamatan yang dibutuhkan pada lokasi tersebut.


Kegiatan peninjauan dan pengawasan pada perlintasan sebidang dilaksanakan pada hari Selasa, 28 November 2023 di 3 titik lokasi sebagai berikut:

Titik 1

Lokasi : JPL 3 KM 103 + 224 (Jalan S.Parman)

Status : Dalam proses pembangunan pos jaga perlintasan

Titik 2

Lokasi : Jalan Cempaka (Tikungan) 

Status : Tidak memenuhi kriteria perlintasan sebidang dan tidak berpotongan langsung dengan jalan

Titik 3

Lokasi : Perlintasan Tanpa Palang Pintu Ketapang (Belakang Pos Pantau Polisi Ketapang) 

Status : Terdapat palang pintu manual yang dijaga oleh masyarakat sukarela


LINK TERKAIT